Selamat datang di www.floristshop.co.id Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini menjelaskan dan mengatur penggunaan jasa yang disediakan oleh : PT. Prima Dinamika Solusi terkait penggunaan situs www.floristshop.co.id. Setiap calon Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum yang berlaku.

Dengan mendaftar dan/ atau menggunakan situs www.floristshop.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Prima Dinamika Solusi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan situs www.floristshop.co.id.


  1. Definisi Floristshop
  2. Akun, Password dan Keamanan
  3. Transaksi Pembelian
  4. Transaksi Penjualan
  5. Penataan Toko
  6. Komisi
  7. Harga
  8. Tarif Pengiriman
  9. Konten
  10. Jenis Produk
  11. Penjual Premium & Promosi
  12. Kartu Kredit
  13. Bentuk Promosi
  14. Pengiriman Barang
  15. Penarikan Dana
  16. Pusat Solusi
  17. Ketentuan Lain
  18. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab
  19. Pelepasan
  20. Ganti Rugi
  21. Pilihan Hukum
  22. Pembaharuan


A. Definisi Floristshop

  1. PT. Prima Dinamika Solusi adalah sebuah Perseroan Terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal dan aplikasi www.floristshop.co.id, yakni situs pencarian penjual bunga dan produk terkait lainnya yang dijual oleh para penjual bunga yang terdaftar di situs www.floristshop.co.id. Selanjutnya disebut Floristshop.
  2. Situs Floristshop adalah www.floristshop.co.id.
  3. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Floristshop yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Floristshop, serta tata cara penggunaan sistem layanan Floristshop.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Floristshop, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke situs Floristshop.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atau pemesanan atas produk bunga yang dijual oleh Penjual di situs Floristshop.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko bunga dan/ atau melakukan penawaran atas suatu produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya kepada para Pengguna situs Floristshop.
  7. Produk bunga dan atau produk turunannya yang dimaksud adalah benda yang berwujud / berupa fisik yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman atau diantarkan langsung oleh penjual.
  8. Rekening resmi Floristshop adalah rekening bersama yang disepakati oleh Floristshop dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di situs Floristshop. Rekening resmi Floristshop dapat ditemukan di halaman https://www.floristshop.co.id/help/payment.

B. Akun, Password dan Keamanan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang paham dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Floristshop tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
    • Pembeli.
    • Penjual, dengan memanfaatkan layanan toko bunga.
  4. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan Buka Toko Sekarang. Setelah menggunakan layanan membuka Toko Bunga, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di Floristshop.
  5. Pengguna memiliki hak untuk melakukan penyesuaian terhadap item-item yang diperdagangkan di Floristshop.
  6. Floristshop memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/ atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan barang ke gudang, penghapusan barang, moderasi toko bunga, penutupan toko bunga, pembatalan listing, suspensi akun, dan/ atau penghapusan akun pengguna tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
  7. Floristshop memiliki kewenangan untuk menutup toko bunga atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/ atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Floristshop.
  8. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/ atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/ atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Floristshop, termasuk namun tidak terbatas pada : (1) manipulasi data toko bunga; (2) kegiatan perambanan (crawling / scraping); (4) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (5) penambahan produk ke toko bunga Pengguna; dan/ atau (6) aktivitas lain yang secara wajar dan nyata dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  9. Floristshop memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko dan/ atau melakukan proses moderasi / menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
  10. Floristshop memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Floristshop Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/ atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Floristshop.
  11. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko bunga, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  12. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  13. Floristshop tidak akan meminta password akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Floristshop menghimbau Pengguna agar tidak memberikan password akun Anda kepada pihak manapun, baik kepada pihak ketiga maupun kepada pihak yang mengatasnamakan Floristshop.
  14. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah user id, nama toko bunga dan domain toko bunga Pengguna.
  15. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Floristshop jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  16. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Floristshop tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.

C. Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Floristshop. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Floristshop akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Floristshop telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian produk bunga dan/ atau produk terkait, Pembeli menyetujui bahwa:
    • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi / deskripsi keseluruhan produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Floristshop tergantung pada monitor komputer Pembeli. Floristshop telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Floristshop muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Floristshop dengan warna produknya sama.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya ketika Pengguna menggunakan situs www.floristshop.co.id.
    • Floristshop tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan produk tersebut. Terkait ketersediaan stok bunga dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok satu jenis produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Floristshop dan/ atau tanpa sepengetahuan Floristshop (melalui fasilitas / jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Floristshop atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. Floristshop memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 jam) setelah pembeli melakukan checkout. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Floristshop memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi yang dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai (transfer) wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Floristshop.
  8. Pembeli setuju untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran kepada pihak lain selain Floristshop. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  9. Pembeli wajib melakukan konfirmasi persetujuan produk pesanannya sudah terkirim, setelah menerima notifikasi status produk bunga dan/ atau produk terkait yang dibelinya sudah “terkirim / delivered” pada situs Floristshop. Floristshop memberikan batas waktu 60 menit setelah pengiriman berstatus "terkirim/delivered" pada sistem Floristshop, untuk Pembeli melakukan konfirmasi persetujuan produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya sudah terkirim atau diterima. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan produk bunga pesanannya secara otomatis oleh sistem Floristshop.
  10. Setelah adanya konfirmasi penerimaan produk bunga yang dipesan atau konfirmasi penerimaan produk bunga dan/ atau produk turunannya secara otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Floristshop akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan produk bunga dan/ atau produk turunannya adalah bukan menjadi tanggung jawab Floristshop. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman produk bunga dan/ atau produk turunannya yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Floristshop atau pihak lain yang ditunjuk sebagai penerima pembayaran, adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  14. Pengembalian dana dari Floristshop kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga produk bunga pesanannya,
    • Masalah pengiriman produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan barang tidak sampai,
    • Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, bencana, maupun penyebab lainnya,
    • Penjual sudah menyanggupi pengiriman order produk bunga dan/ atau produk turunannya, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak melakukan pengiriman hingga batas waktu yang telah ditentukan tanpa alasan dan konfirmasi yang jelas.
  15. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan langsung ke rekening milik Pengguna, sesuai dengan jumlah yang di setorkan ke Floristshop. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian L terkait Kartu Kredit.
  16. Transaksi hanya dapat dibatalkan sebelum Pembeli melakukan konfirmasi pembayaran dan disampaikan secara resmi kepada Floristshop melalui metode yang tersedia, kecuali dalam kondisi adanya pembatalan dari pihak Penjual.
  17. Floristshop berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Floristshop adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  18. Floristshop memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman setelah 2 jam sejak bukti pengiriman berupa foto dan tanda terima dikirimkan ke Pembeli oleh Penjual, namun tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 1 jam sejak perubahan status tersebut diatas, Floristshop memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) komplain. Jika dalam jangka waktu 1 jam tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka Floristshop memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.

D. Transaksi Penjualan

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya yang ditawarkan dengan tujuan apapun, selain yang diinformasikan melalui situs Floristshop.
  2. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan "Jenis Produk" (No.J).
  3. Penjual dilarang untuk mengalihkan order atau pesanan produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya kepada penjual atau toko bunga lainnya, ataupun pihak ketiga dengan alasan apapun.
  4. Dalam menggunakan fasilitas "Catatan Tambahan", Penjual dilarang membuat peraturan atau ketentuan pribadi toko yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan Floristshop. Jika terdapat pertentangan antara keduanya maka peraturan yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan Floristshop.
  5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 jam terhitung sejak adanya notifikasi pesanan barang dari Floristshop. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  6. Setelah menyetujui untuk menerima pesanan pembeli, maka pihak Penjual wajib menyiapkan produk bunga sesuai pesanan, dan memberikan konfirmasi "Pesanan dalam pengiriman" ketika barang siap untuk dikirim ke lokasi tujuan melalui situs Floristshop.
  7. Apabila dalam batas waktu 3 jam setelah melewati batas waktu yang diinginkan pembeli untuk produk bunga yang dipesan tiba di lokasi tujuan, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  8. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga produk bunga dan/ atau produk terkait lainnya dan/ jika ada ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/ atau transaksi tidak berhasil dan/ atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan No.C butir 14.
  9. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada Floristshop sebelum menerima pesanan yang dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi/membatalkan transaksi, Penjual dilarang melanjutkan transaksi sebelum mendapat persetujuan dari Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh Pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga Barang akan dikembalikan kepada pihak Pembeli.
  10. Floristshop memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di rekening resmi Floristshop sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas barang. Pembayaran baru akan dilanjut kirimkan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/ atau barang telah diterima oleh Pembeli.
  11. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pajak penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  12. Floristshop berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Floristshop adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  13. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, bahwa diperlukan jasa pengiriman / Logistik, maka semua biaya pengiriman yang timbul menjadi tanggung jawab pembeli , yang akan ditambahkan dalam invoice.
  14. Floristshop berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman (Jika ada) dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.

E. Penataan Toko

  1. Penjual dilarang mempergunakan toko (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Floristshop.
  2. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  3. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/ atau produk bunga dan produk terkait lainnya) selain/diluar daripada keterangan toko dan/ atau produk bunga dan produk terkait yang bersangkutan
  4. Penamaan produk bunga dan produk terkait lainnya harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi produk, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/ atau kata yang tidak berkaitan dengan produk bunga dan produk terkait lainnya tersebut.
  5. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap produk bunga dan produk terkait yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda.
  6. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau produk non-fisik.
  7. Floristshop memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/ atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual, jika terjadi klaim terhadapnya, dikarenakan pemilik nama resmi yang sudah terdaftar ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  8. Floristshop memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/ atau memakai nama Toko Bunga dan/ atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Floristshop.

F. Komisi

Floristshop memberlakukan sistem komisi sebesar 5%(Lima Persen) dari harga jual yang dikenakan oleh penjual kepada pembeli, untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui rekening resmi Floristshop.


G. Harga

  1. Harga produk bunga dan produk terkait lainnya yang terdapat dalam situs Floristshop adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Floristshop dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan barang yang dilakukan oleh Pembeli.
  4. Apabila dalam keadaan kesalahan ketik atau kesalahan pencantuman harga, sehingga terjadi pembatalan sebuah transaksi, maka Floristshop berhak mengenakan denda kepada penjual sebesar Rp. 100.000,-, yang dananya akan diteruskan kepada pembeli, sebagai bentuk komitmen kepada setiap pelanggan Floristshop.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/ atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Floristshop.
  6. Dengan melakukan pemesanan melalui Floristshop, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  7. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp. 100.000.000,-.
  8. Situs Floristshop untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli barang dalam mata uang Rupiah.

H. Tarif Pengiriman

  1. Pembeli tidak dikenakan tarif biaya pengiriman apapun, karena harga yang dikenakan sudah termasuk biaya pengiriman.
  2. Jika dalam kondisi tertentu penjual mengenakan biaya pengiriman maka hal tersebut akan diatur kemudian.

I. Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur layanan dan fitur yang ada didalam situs Floristshop, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan melecehkan, atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial kemasyarakatan di Indonesia. Floristshop berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto / gambar barang yang memiliki tanda seperti watermark, inisial nama atau yang lainnya, yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto / gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto / gambar Produk bunga dan produk terkait, atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar situs Floristshop, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  5. Ketika Pengguna mengunggah ke situs Floristshop dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Floristshop hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Floristshop.
  6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual orang lain dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Floristshop. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Floristshop.
  7. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan up-to-date, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Floristshop bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

J. Jenis Produk

Berikut ini adalah daftar jenis produk yang boleh diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Floristshop:

  1. Segala Jenis bunga yang dihasilkan oleh tanaman yang biasanya digunakan sebagai penghias ruangan, taman dan juga kerap dipergunakan dalam berbagai acara-acara seremonial.
  2. Segala macam produk yang menjadikan bunga tanaman hias sebagai bahan baku utamanya.
  3. Segala jenis tanaman hias maupun tanaman hias buatan (Artificial), sebagai penghias ruangan maupun luar ruangan.
  4. Segala macam produk pendukung lainnya yang juga digunakan sebagai hiasan, seperti :
    1. Boneka,
    2. Buah,
    3. Makanan,
    4. Dan lain-lain.

Berikut ini adalah berbagai jenis produk yang dilarang untuk diperdagangkan atau disertakan/diletakan kedalam kemasan produk bunga melalui situs Floristshop:

  1. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini ialah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  3. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
  4. Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  5. Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekam lain yang bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Termasuk di dalamnya adalah yang memuat film, musik, permainan, atau perangkat lunak bajakan.
  6. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, alat kontrasepsi.
  7. Minuman beralkohol.
  8. Iklan.
  9. Segala bentuk tulisan yang berbau SARA, menghasut, mengandung kebencian yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  10. Pakaian dalam bekas.
  11. Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.
  12. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  13. Seragam pemerintahan.
  14. Bagian/organ manusia.
  15. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  16. Pestisida.
  17. Atribut TNI, Kepolisian dan Ormas.
  18. Barang hasil tindak pencurian.
  19. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
  20. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  21. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  22. Hewan.
  23. Uang Tunai.
  24. Meterai.
  25. Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/ atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi.
  26. Perlengkapan dan peralatan judi.
  27. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
  28. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan lansung oleh penjual resmi dan/ atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  29. Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (i) telepon, (ii) listrik, (iii) game, (iv) credit digital.
  30. Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya.
  31. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

K. Penjual Premium & Promosi

  1. Pengguna dapat mendaftarkan diri sebagai Premium Merchant, yakni fitur berbayar yang memungkinkan Pengguna untuk mendapatkan fasilitas ekslusif yang hanya diperuntukan bagi Pengguna Premium Merchant dan tidak didapatkan oleh Pengguna Reguler, antara lain berupa: (i) status dan simbol "Premium Badge"; (ii) fasilitas Promotion, statistik toko, admin toko, sampul halaman toko dan fasilitas lainnya yang secara detail dapat dilihat di halaman https://premiummerchant.floristshop.com.
  2. Status, simbol, logo, nama atau hal-hal lainnya yang terkait dengan Premium Merchant sepenuhnya merupakan kewenangan Floristshop dan hanya diberikan oleh pihak Floristshop kepada Pelanggan Premium Merchant. Pengguna tidak diperkenankan untuk meniru atau menggunakan hal-hal tersebut pada Nama Toko, Deskripsi Toko, Nama Produk, Foto Produk, dan lain sebagainya.
  3. Dalam menggunakan fitur Promotion, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap iklan yang diunggah oleh Pengguna ke situs Floristshop adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi dan melepaskan Floristshop dari segala permasalahan yang mungkin ditimbulkan dikemudian hari.
  4. Floristshop tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan penghapusan atas setiap konten iklan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Floristshop dan/ atau hukum yang berlaku di wilayah hukum Indonesia.
  5. Floristshop berwenang untuk melakukan (i) penghapusan iklan; (ii) penutupan toko; (iii) penutupan akun; dalam hal diduga dan/ atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di wilayah hukum Indonesia dan/ atau syarat ketentuan Floristshop. Dengan demikian, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut diatas bukanlah tanggung jawab Floristshop, termasuk namun tidak terbatas pada (i) kehilangan saldo Promotion, (ii) kehilangan akun Premium Merchant tanpa dikembalikan biaya berlangganan.

L. Kartu Kredit

  1. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian barang melalui Situs Floristshop.
  2. Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) dan maksimal Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah).
  3. Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Floristshop.
  4. Apabila terdapat transaksi pembelian produk bunga dan produk terkait lainnya dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/ atau syarat ketentuan Floristshop, maka Floristshop berwenang untuk:
    1. Membatalkan transaksi,
    2. Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Floristshop, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 28 hari kerja,
    3. melakukan pemotongan dana sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai transaksi.
  5. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/ atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/ atau Syarat dan Ketentuan Floristshop.

M. Bentuk Promosi

Pengguna dilarang mempromosikan toko dan/ atau produk secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, ulasan atau komentar yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.


N. Pengiriman Barang

  1. Dalam hal pengiriman produk bunga, Pengguna, dalam hal ini bertindak sebagai Penjual, diwajibkan untuk memiliki fasilitas pengiriman produk sendiri.
  2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman produk bunga yang memerlukan jasa layanan pengiriman barang, adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  3. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk bunga dan produk terkait lainnya, yang dilakukan oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  5. Apabila dalam kondisi tertentu, terjadi kerusakan pada produk bunga atau produk terkait lainnya, sebagai akibat dari proses pengiriman yang dilakukan melalui jasa layanan pengiriman barang, maka Pengguna sepakat untuk membebaskan Floristshop dari segala tanggung jawab moril maupun materiil.

O. Penarikan Dana

  1. Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu Maksimal 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.
  2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna, dalam hal ini Penjual ataupun Pembeli yang membatalkan orderannya.

P. Pusat Solusi

  1. Pusat Solusi adalah fitur yang disediakan oleh Floristshop untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  2. Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran barang ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Solusi selesai.
  3. Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenaran atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Solusi dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
  5. Jika Penjual tidak memberikan jawaban setelah lebih dari 3 hari, maka pembeli memiliki hak untuk menghubungi pihak Floristshop, yakni melalui tombol "Bantuan" yang akan muncul pada halaman Pusat Solusi.
  6. Jika dalam jangka waktu 3 hari tidak ditemukan kesepakatan bersama, maka Pembeli dan Penjual memiliki hak yang sama untuk minta bantuan pihak Floristshop, yakni melalui tombol "Bantuan" yang akan muncul pada halaman Pusat Solusi.
  7. Dengan menggunakan tombol bantuan untuk menghubungi Floristshop, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Floristshop poin C16 dan D11, Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa, Floristshop berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/ atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi oleh masing-masing pihak.
  8. Floristshop berwenang untuk melakukan mediasi dan/ atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Solusi, meskipun salah satu pihak (penjual atau pembeli) belum menekan tombol bantuan, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain jasa layanan pengiriman barang yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman barang; (ii) Bukti dari pembeli dan/ atau penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email Floristshop, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Resolusi dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian penjual atau pembeli; (iv) Salah satu pihak (penjual atau pembeli) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang mengharuskan Floristshop perlu segera melakukan mediasi.
  9. Atas keputusan pertama Floristshop diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  10. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa keputusan Floristshop atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  11. Pengguna memahami bahwa Pusat Solusi hanya berlaku untuk semua Produk bunga dan produk terkait lainnya yang berada dalam daftar jenis produk yang diperjual-belikan di Floristshop seperti yang ada di halaman Syarat dan Ketentuan No. J. Jenis Produk.
  12. Tata cara menggunakan Pusat Solusi selengkapnya dapat dilihat pada Halaman Bantuan Pusat Solusi.

Q. Ketentuan Lain

  1. Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs Floristshop maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur.
  2. Segala hal yang belum dan/ atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Floristshop secara umum.

R. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

Floristshop adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli produk bunga dan produk terkait lainnya di website Floristshop. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Floristshop, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Floristshop secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

Floristshop selalu berupaya untuk menjaga Layanan Floristshop aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Floristshop memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Floristshop atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Floristshop diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Floristshop (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Floristshop bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Floristshop.
  2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Floristshop.
  3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Floristshop.
  4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  5. Kualitas Produk bunga dan produk terkait lainnya.
  6. Proses pengiriman Barang.
  7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  8. Perselisihan antar pengguna.
  9. Pencemaran nama baik pihak lain.
  10. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Floristshop, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Floristshop ataupun kelalaian penulisan rekening dan/ atau informasi lainnya dan/ atau kelalaian pihak bank.
  12. Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
  13. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses , atau menghubungkan ke layanan Floristshop.
  14. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Floristshop.
  15. Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Floristshop.
  16. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Floristshop yang diduga palsu.
  17. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  18. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

S. Pelepasan

Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna lainnya, maka Pengguna melepaskan Floristshop (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut.

Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.


T. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Floristshop dari segala tuntutan ganti rugi dan menjaga Floristshop (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Floristshop yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.


U. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/ atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.


V. Pembaharuan

Floristshop menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui tentang adanya perubahan dalam hal apapun, karena sewaktu-waktu Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Floristshop, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.



Buka Toko Bunga Online Anda!

Buka Toko Sekarang